7 Blog Terbaik Kategori Menulis & Menerbitkan Fiksi


1. Aliventures

aliventure blog tips menulis fiksi

Blog milik Ali Lukas, penulis novel Lycopolis dan trainer menulis yang bermukim di Inggris..Ali dikenal luas di blogosphere. Blog papan atas seperti problogger dan copyblogger kerap mempublikasikan tulisannya. Saya menyukai konten-konten Aliventures. Teknis dan lansung bisa diterapkan. Contohnya  The Four Essential Stages of Writing. Belakangan ini posting Ali banyak membahas cara memanfaatkan internet dalam menunjang karir menulis.

2. Daily Writing Tips

blog untuk belajar menulis fiksiSesuai namanya, blog ini menerbitkan satu tips menulis setiap hari. Daniel Scocco pendiri DWT mengelola blog ini bersama tim editorial yang kapabel di dunia tulis-menulis. Cakupan kategori DWT tergolong lengkap. Diantaranya dasar-dasar menulis, tata bahasa, ejaan, penggunaan tanda baca, kosa kata, sampai gaya penulisan, Sempatkanlah membaca salah satu posting terpopular mereka yang berjudul  34 Writing Tips That Will Make You a Better Writer

3. Lindsay Buroker

blog tips menulis ebook

Lindsay Buroker adalah penulis cerita pendek dan novel fantasy. Dia telah menerbitkan beberapa novel dalam format ebook (yang lebih disukainya ketimbang format cetak). Blog ini mengajarkan teknik menulis & penerbitan. Lindsay banyak memberikan pandangan bagus mengenai mengapa penulis di era sekarang sebaiknya memilih format ebook. Salah satu posting Lindsay yang menarik untuk anda baca berjudul  Can a “Normal” Author Make a Living E-publishing ?

4. The Write Practice

blog tips menulisJoe Bunting & Liz Bureman yang mengelola blog ini punya pendekatan unik. The Write Practice memberikan tugas praktek kepada pembaca setiap akhir posting.  Menurut mereka, praktek merupakan hal terpenting dalam belajar menulis. Sebagai contoh, silahkan membaca artikel mereka yang berjudul The Aesthetics of Good and Evil in David Copperfield

5. The Book Designer

blog cara membuat buku, cara menerbtikan buku, cara membuat ebook

Berminat menerbitkan buku di jalur indie (self publishing) ? Anda wajib mengunjungi blog milik Joe Friedlander ini. The Book Designer akan mengajarkan anda cara menerbitkan buku dan ebook. Panduannya lengkap mulai dari tahap pra produksi, mendesain interior buku, cara membuat cover, pemilihan huruf,  pemakaian format cetak & digital, sampai trik pemasaran buku. Joe Friedlander seorang designer buku handal yang berpengalaman sejak tahun ’70-an di industri penerbitan. Salah satu posting favorit saya di blog ini berjudul 5 Favorite Fonts for Interior Book Design.

6. The Creative Penn

blog untuk belajar menulis ebook, tips promosi bukuSalah satu pemenang Top Ten Blogs For Writers 2011 – 2012. Blog ini milik Joanna Penn. Seorang penulis, blogger dan pembicara yang berbasis di Inggris. Joannna juga trainer kursus menulis novel. Novel thriller-nya yang berjudul Pentecost pernah masuk daftar terlaris Amazon. Joanna banyak memberikan panduan mengenai cara menerbitkan dan mempromosikan buku fiksi secara online. Seperti misalnya dalam posting berjudul 10,000 Books Sold: Sales Figures For Pentecost, A Thriller Novel.

 7. Write To Done

blog cara menulis, blog tips menerbtikan bukuWrite To Done membahas luas topik  penulisan. Namun ada satu kategori yang khusus membahas fiksi. Blog ini sarat konten yang akan memandu anda tumbuh berkembang menjadi penulis yang baik. Sempatkan untuk membaca salah satu posting mereka yang berjudul The Secret of writing funny.

Semoga Bermanfaat

Sumber : http://indonovel.com/

Tinggalkan komentar